15 Feb 2013

Yuren Bertekad Tingkatkan Kualitas Pasar Yuren Bertekad Tingkatkan Kualitas Pasar

TAMIANG LAYANG-Salah satu yang menjadi perhatian Yuren S Bahat di Kabupaten Barito Timur (Bartim) adalah meningkatkan kualitas pasar yang dimiliki saat ini. Agar ke depan, pasar di Bartim dapat benar- benar menopang roda perekonomian daerah khususnya masyarakat.Pasar merupakan tempat melakukan ragam transaksi jual beli barang dan jasa terhadap kebutuhan masing- masing individu ataupun kelompok. Keberadaannya di tiap daerah tentu memiliki peran sangat besar terutama dalam perputaran roda ekonomi masyarakat.
Untuk itu, salah satu prioritas pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Bartim Yuren- Yusran adalah dalam peningkatan kualitas pasar. Khususnya dua pasar besar di Bartim, Pasar Tamiang Layang dan Pasar Ampah.
Menurut Yuren, keberadaan pasar sangatlah penting, salah satunya sebagai penopang sekaligus kontrol perputaran dari roda ekonomi masyarakat. Untuk itu, sudah sewajarnya pasar yang dimiliki Bartim dapat lebih dikembangkan lagi.

“Adalah dengan melakukan pembinaan secara baik dan terarah terhadap para pelaku pasar khususnya para pedagang. Sebab, jika para pedagangnya terakomodir dengan baik, maka pengembangan pasar ke depan akan lebih terarah,” ujarnya saat ditemui Tabengan di sela kunjungannya ke pasar relokasi Tamiang Layang, Kamis (14/2).
Menurut Yuren, jalannya pasar di Bartim sudah cukup baik terlebih dengan adanya organisasi atau perkumpulan para pedagang di tiap- tiap daerah. Sehingga, dengan tertatanya hal tersebut, maka merupakan modal awal untuk pengembangan pasar ke depan.
Pada dasarnya, ujar Yuren, jika organisasi pasar telah terbina dengan rapi, pihak pemerintah melalui teknis terkait akan lebih mudah menjalin koordinasi. Dengan demikian, tentu arah pengembangan pasar dapat lebih jelas, dengan dukungan dari semua pihak yang terlibat.
“Jika pasar kita benar- benar baik, maka dengan sendirinya akan memacu perkembangan roda ekonomi masyarakat. Apalagi Bartim, memiliki berbagai Sumber Daya Alam (SDA) yang potensial untuk dikembangkan, sehingga harus diimbangi dengan penyediaan pasar yang memadai pula,” tuturnya.
Namun, masih ada sejumlah hal yang perlu dibenahi. Seperti penataan pasar yang baik, diiringi dengan kebersihan pasar yang terjaga. Selain itu, dari sisi keamanan dan kenyamanan juga patut ditingkatkan.
Saat melakukan kunjungan ke Pasar Relokasi Tamiang Layang kemarin, Yuren memberikan bantuan secara pribadi kepada pengelola parkir dan pangkalan ojek. Hal tersebut, dilatarbelakangi keprihatinan Yuren terhadap kondisi tempat parkir sekaligus pangkalan ojek di pasar relokasi, karena kondisinya yang beratapkan terpal kian lusuh dan rusak.
Menanggapi hal tersebut, para pengelola parkir serta tukang ojek yang diwakilkan oleh Zailani mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan Yuren secara pribadi. Mengingat, dengan bantuan tersebut dapat membantu pihaknya memperbaiki tempat parkir dan pangkalan ojek setempat. “Baru kali ini ada yang memperhatikan kondisi kami, serta sarana dan prasarana penunjang dari pekerjaan kami. Tentunya bantuan ini sangat membantu, guna meringankan beban kerja kami dalam memperbaiki sarana dan prasarana yang ada,” tuturnya. c-aht