8 Feb 2013

Pemangku Adat Harus Diperhatikan

TAMIANG LAYANG- Kabupaten Barito Timur (Bartim), merupakan wilayah dengan budaya serta adat istiadat yang kuat. Sehingga, keduanya yang diwariskan secara turun- temurun oleh nenek moyang haruslah dilestarikan, dan tak boleh dihilangkan begitu saja.
Budaya dan adat istiadat yang dimiliki suatu daerah merupakan kebanggaan sekaligus jati diri yang dimiliki masyarakat. Hal tersebut, perlu menjadi perhatian bersama, sehingga dapat dilestarikan dan dipertahankan agar tidak pudar bahkan hilang.
Para pelaku adat di setiap daerah, harus dihargai dan diperhatikan. Karena keberadaan mereka sangatlah penting, sebagai upaya melestarikan budaya dan adat istiadat yang dimiliki.
Mantir Adat Desa Hayaping Magayu mengatakan, saat ini nasib para pelaku adat di Bartim perlu mendapatkan perhatian. Kondisinya kian memprihatinkan, dikarenakan minimnya perhatian dari pemerintah.

“Yang diperhatikan, hanyalah kades ataupun perangkat desa lain. Sementara kami tidak mendapatkan perlakuan yang sama. Baik dari sisi tunjangan, ataupun sarana dan prasarana penunjang kegiatan,” tuturnya, saat ditemui Tabengan, kemarin.
Menurutnya, peran dari pelaku adat di Bartim sangatlah penting, terlebih dalam menjaga budaya dan adat istiadat, agar tidak hilang di tengah era globalisasi saat ini. Untuk itu, sudah sepatutnya jika keberadaan mereka lebih diperhatikan oleh pemerintah.
“Jangan pandang kami sebelah mata. Harapan kami sederhana, yaitu diperhatikan seperti para kades ataupun perangkat desa lain, dengan diberikan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai,” tukasnya.
Pada prinsipnya, ujar Magayu, perlu dilakukan pembenahan dalam pemerintahan kedepannya. Jika hendak baik, sudah tentu Bartim harus memiliki sosok pemimpin baru, yang peduli terhadap semua pihak, tidak terkecuali para pelaku adat.
Ia mengatakan, moment Pemilu Kada mendatang tentu merupakan kesempatan baik, sehingga tidak boleh disia- siakan begitu saja. Agar dapat dipilihnya pemimpin yang bijak, dan mencintai budaya serta adat istiadat yang dimiliki.
“Menurut saya pasangan Yuren- Yusran adalah yang paling tepat. Terlebih pada visi dan misi mereka dalam memimpin Bartim nantinya, menegaskan akan meningkatkan seni, budaya dan adat istiadat,” katanya.
Magayu menjelaskan, pernah bertemu secara langsung dengan pasangan Yuren-Yusran, sehingga, ia pun mengetahui bagaimana sosok keduanya. Dimana Yuren- Yusran memiliki kemauan kuat untuk membangun Bartim, dan membawanya kepada perubahan yang lebih baik.c-aht